Prolog

Saya tidak mengerti sastra, dan tidak mau berpanjang-panjang dengan teori yang begitu melelahkan. Yang ingin saya lakukan adalah melakukan sesuatu yang berbeda, dengan berpegang teguh kepada prinsip Ibu kita, Kartini.

“Aku yang tiada mempelajari sesuatupun, tak tahu sesuatupun, berani-beraninya hendak ceburkan diri ke gelanggang sastra! Tapi bagaimanapun, biar kau tertawakan aku, dan aku tahu kau tak berbuat begitu, gagasan ini tak akan kulepas dari genggamanku. Memang ini pekerjaan rumit; tapi barang siapa tidak berani, dia tidak bakal menang; itulah semboyanku! Maju! Semua harus dilakukan dan dimulai dengan berani! Pemberani-pemberani memenangkan tiga perempat dunia!”

— Kartini via Pramoedya Ananta Toer

Saya rasa, kita semua mengerti alasan mengapa buku ini ditulis. Kepercayaan diri yang saya miliki mengalir begitu saja seperti yang dilontarkan oleh seorang idealis, Multatuli, “Ya, saya bakal dibaca!”

Bukanlah suatu hal yang mesti saya takutkan apabila suatu hari nanti tulisan ini dipermasalahkan oleh orang-orang mengenai keakuratan maupun ketatabahasaan serta kengauran isinya. Karena tulisan ini merupakan representasi dari latar belakang pengetahuan saya, yang mungkin masih diragukan karena umur yang masih sangat muda. Saya sudah membaca catatan saya berkali-kali, dan ini adalah hasil ketikan, dan jika terdapat banyak kesalahan ejaan atau kata (bahkan mungkin kalimat), saya memohon maaf (karena sejatinya saya membenci dunia ketik mengetik). Kesimpulannya, semua hal yang membuat ragu itu, itu tidak menjadi masalah.

Nah, sekarang tugas Anda sekalian hanyalah membaca tulisan yang sudah saya buat ini. Kalau tidak, silakan saja buang buku ini dari hadapan Anda. Saya tidak akan mengharapkan keuntungan apa-apa dengan Anda membaca buku ini. Saya hanya ingin dibaca, jika tidak, terserah!

Lanjut ke Bab 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s