Babak kesepuluh

“Kenapa, sih, kau membawa-bawa buku tulis dan pulpen itu? Mau menulis sambil berjalan?” tanya Diandra ketika mereka berjalan menuju Fakultas Teknik melalui Jembatan Teksas yang menghubung Fakultas Sastra UI dengan Fakultas Teknik UI.

“Tentu saja tidak. Aku hanya senang membawanya. Lagipula, aku tidak bisa terlepas dari buku ini, setiap aku duduk atau bersantai, aku pasti menulis di sini. Kita harus membiasakan diri untuk menulis. Kebiasaan nenek moyang yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu baca dan tulis.”

“Ya, aku juga suka menulis catatan harian, biasanya malam hari. Tidak sepertimu yang membaca-bawa buku dan menulis di setiap tempat di mana kau duduk.”

“Awalnya aku tidak begitu tertarik dengan kegiatan tulis-menulis ini,” kata Bidong. “Tapi melihat kebiasaan orang-orang pintar yang aku temui di Jakarta, aku merasa tertinggal jauh. Menulis adalah salah satu cara untuk menjadi pintar.”

“Oh, ya?”

“Katanya, sih, begitu! Bahkan bibiku selalu marah karena tulisanku tidak rapi.”

“Itu memang tulisanmu yang jelek!” Diandra tertawa.

“Ya, karena tidak dibiasakan menulis. Pelajar-pelajar sekarang lebih banyak mengerjakan tugas dengan ketikan, apalagi mahasiswa. Tinggal copy-paste dari internet, langsung selesai.”

“Sekarang ini, kan, jaman serba canggih, Bidong. Wajar semuanya menggunakan komputer untuk mengerjakan tugas. Lebih cepat dan mudah,” kata Diandra.

“Oleh karena itu kita jangan mau menjadi manusia yang terlalu bergantung kepada teknologi canggih. Karena teknologi-teknologi itu bisa membuat pribadi kita ‘bodoh’ tanpa kita sadari.”

Gaya berbicara Bidong tersebut memang memuakkan, tetapi bisa dijadikan bahan pertimbangan dan pemikiran yang baik. Ketika mereka hampir sampai di Fakultas Teknik, Diandra terus memperhatikan Bidong dengan seksama.[1]


[1] Kalau di acara Ftv, biasanya lagu cinta sangat cocok untuk adegan seperti ini.

———————–

Kembali ke Bab 9

Lanjut ke Bab 11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s