readability

Aku percaya, berjalannya setiap detik dalam menit dan jam dalam setiap hari di setiap waktu memiliki hal-hal penting. Namun mereka sering luput dari perhatian kita. Hal itu bisa saja hanya berupa narasi-narasi kecil, tidak menonjol, dan tidak memiliki keterkaitan apa-apa dengan kepentingan dan kebutuhan yang kita miliki dan ingin dicapai di keseharian yang kita jalani. Akan tetapi mereka ada, bersirkulasi di sekitar kita, bersentuhan dengan mata dan pendengaran.

Mereka bisa saja menjadi satu sejarah yang tidak akan lepas dari kekinian di masa yang akan datang. Mereka bisa saja menjadi sangat penting bagi orang-orang setelah kita, sebagaimana hal-hal yang tidak penting oleh orang-orang dulu menjadi begitu sangat berarti bagi kita yang hidup di masa sekarang. Kita memang harus mengucapkan terimakasih kepada manusia-manusia yang bersedia meluangkan waktunya untuk mencatat hal-hal itu.

Lantas, bagaimana dengan kita sekarang? Akan kah kita membiarkan hal-hal ‘tidak penting’ itu terlewatkan begitu saja? Menurutku, tentunya itu bukan sebuah sikap yang bijak. Sekecil dan setidakpenting apa pun itu, mereka pasti memiliki guna dan manfaat di suatu hari nanti. Hal-hal itu, cerita-cerita itu, peristiwa-peristiwa itu, merupakan sesuatu yang seharusnya kita catat, kita rekam, dan kita simpan, sebagai usaha untuk mendidik dan menjaga kita agar tidak tenggelam dalam kenangan yang terlupakan dan buta akan sejarah.

Ada cerita apa hari ini? Untuk menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita mencatat apa-apa saja yang terjadi di sekitar kita!

– manshur zikri –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s