meninjau kata ‘warga’

Beberapa hari ini, saya sedikit kebingungan dengan penggunaan istilah ‘warga’ setelah membaca beberapa artikel yang berkaitan dengan itu. Sepertinya, selama ini saya cukup keliru karena main hantam menggunakan kata ‘warga’ untuk merujuk sebuah entitas yang ditempatkan sebagai subjek.

Untuk sekarang, setidaknya terdapat poin yang bisa saya jadikan acuan untuk menghindari kebingungan itu–di lain kesempatan saya perlu memastikan apakah poin ini tepat untuk digunakan. Tapi ini semua tetap menjadi catatan pinggir.

masyarakat (society)
jaringan-jaringan sosial

komunitas (community)
ruang lingkup tertentu di masyarakat

warga (citizen)
[ke]anggota[an] dalam suatu komunitas

penduduk (resident)
[subjek yang memiliki] hak aktivitas di suatu wilayah

Sedangkan kata ‘komunitas’ yang sering saya gunakan, sepertinya lebih pas jika dibandingkan dengan kata ‘collective’ yang sering digunakan oleh beberapa pegiat organisasi masyarakat.

 

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

