Ketika Rang Jebor Siap Kutonton

foto 25 juli

25 Juli, 2014. Sedari subuh pekerjaan saya hanya menunggu kabar. Ada dua kemungkinan mengapa kabar tak kunjung datang. Pertama, memang karena komunikasi dari Parungkuda terkendala akibat tak ada sumber daya listrik yang pas, ditambah kesibukannya membuat kue. Kedua, memang murni berasal dari hatinya sendiri untuk enggan memberi kabar.

Menunggu kabar ini membuat saya frustasi di tengah-tengah badan yang sangat kurang untuk dikatakan sehat. Hingga siang, saya masih menunggu lalu merebahkan diri di kursi. Saya tak tahu apakah besok bisa berangkat ke tempat yang telah kami sepakati. Tapi yang jelas, kondisi badan yang seperti ini benar-benar membuat saya gelisah.

Tadi pagi, saya melihat cahaya di antara dua ventilasi, di atas moi indie (kurang satu huruf ‘o’) yang terbalik yang berdiri anggun di atas rak buku. Saya juga melihat pola garis yang dibentuk oleh kumpulan pipa di dinding putih, diiringi oleh suara seperti di pabrik. Saya juga melihat sepasang saklar yang diterpa cahaya matahari, membentuk bayangan trapesium yang tak menarik sama sekali. Sementara saklar yang hanya sendiri itu dia di dinding yang kusam di samping celah pintu. Lantas, tiga persegi panjang—mungkin itu ventilasi—di pintu cokelat tak cukup menari perhatian saya dari empat ruang kubus yang dua di antaranya terisi buku-buku sementara dua yang lain tertutup rapat. Saya berputar, pandangan saya berputar beberapa kali.

Ada yang aneh. Semakin saya membuat banyak video di blog ini, kunjungan blog justru semakin menurun hingga 70%. Mungkin ‘identitas’ sebagai blog kriminologi mulai terkikis karena, memang, saya semakin jarang menggunakan kata itu sebagai tag di blog ini.

Dan sebelum saya menyelesaikan tulisan ini, otak saya teringat tentang progres tulisan kuratorial tentang The Uprising, yang kemudian dibuyarkan oleh ajakan Enji dan Diki untuk menyaksikan Rang Jebor.

TandaTangan_latar_transparant

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

