Di Hari Mendapat Presiden Baru

foto 22 juli

22 Juli, 2014. Dihari ketika Jokowi-JK ditetapkan menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih untuk periode 2014-2019, di antara banyak kekonyolan yang muncul di media sosial dan televisi, ada satu hal yang membuat saya tertawa geli—meskipun ini pun tetap ditegur oleh Otty pada akhirnya—yakni keluhan orang-orang kepada saya karena umpatan-umpatan di status akun Facebook pribadi saya.

Hal yang sama juga dialami oleh seorang teman penulis/kritikus filem, Makbul Mubarak. Dia diprotes karena menyematkan umpatan “bencong” di status akun Facebook miliknya ketika menanggapi pemberitaan Prabowo yang protes terhadap perolehan suara. Merasa senasib dan sesikap dengannya, saya justru ikut beromentar di status itu dan memilih untuk membela Makbul.

Lagipula, saya juga bingung. Umpatan di Facebook seringkali ditanggapi serius oleh beberapa kawan, apalagi yang berasal dari Pekanbaru. Istilah ‘orang intelek’ pun dibawa-bawa untuk dijadikan palu yang dapat memukul si orang yang mengumpat di Facebook itu. Jujur saja, saya agak tidak setuju dengan itu. Sebab, media sosial hanyalah ruang publik maya. Kasarnya, itu hanyalah ‘tempat sampah’. Lantas, apa bedanya ketika saya duduk di warung kopi lalu mengumpat setelah membaca surat kabar, dan umpatan itu pun hanyalah ungkapan ekspresi yang ingin saya tunjukkan ke teman yang berada di sebelah saya (tapi bukan berarti saya mengumpati teman saya itu).

Tak ada selain ‘konteks’ yang menjadi tameng saya untuk menangkis palu istilah ‘orang intelektual’ itu. Saya bukan sedang mencari pembenaran, tetapi sedang mencoba bersikap rasional. Selama kita memahami konteks dengan pikiran yang terbuka, orang membuang hajat di depan kita pun tak akan jadi masalah. Saya ingat betul bagaimana Nabi Muhammad SAW tak marah sedikit pun ketika kaum Quraisy melemparkan tahi ke kepalanya. Mengapa Rasulullah tidak marah? Karena dia memahami konteks. #asyek #guenyampah

TandaTangan_latar_transparant

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

