Setengah Hari Dikali Tujuh

foto setengah hari dikali tujuh

20 Juli, 2014. Hari ini benar-benar boros. Saya menghabiskan waktu dari kemarin hingga pukul setengah dua belas siang tadi untuk mencari bahan tulisan The Uprising. Sejauh ini, bahan-bahan yng saya kumpulkan cukup meyakinkan. Apalagi, saya juga menemukan artikel berjudul “The Revolution Will be Uploaded: Vernacular Video and the Arab Spring” oleh Peter Snowdon, dalam Jurnal Culture Unbound (Vol. 6, 2014). Saya rasa, tulisan si sutradara filem ini bisa menjadi acuan untuk membaca pemikirannya sehingga membantu saya membedah filem itu ke dalam artikel kuratorial.

Saya, secara pribadi, mulai mempertimbangkan untuk membandingkan pengertian antara “revolusi” dalam gagasan montase Rusia (Eisenstein dan Vertov) dan “revolusi” dalam gagasan Snowdon (dan mungkin juga Farocki). Eisenstein mungkin lebih banyak mengulas ‘efek visual’ sementara Vertov mengedepankan “kesadaran mata” atas “mesin”, dan karya-karya mereka, agaknya, di mata saya lebih bersifat fiktif meskipun unsur dokumentari tetap menjadi salah satu pendekatan mereka—sementara beberapa orang tetap men-dewa-kan Vertov sebagai salah satu pelopor dokumenter eksperimental dunia—dan Diki mengingatkan saya bahwa menarik hubungan antara filem The Uprising dan montase Rusia perlu berhati-hari. Satu lagi, yang perlu saya cermati, UTM menyatakan bahwa Eisenstein bukanlah avant-garde.

Hari ini benar-benar boros karena setelah mencari bahan itu, saya benar-benar tepar dan terbangun ketika berbuka puasa. Ah!

Saya mencoba sedikit mengalihkan perhatian terhadap PR yang berat ini dengan membuat karya video baru untuk blog. Saya ingin bercerita tentang kucing yang memburu ikan di dalam kolam. Lagi-lagi sotoy, saya mencoba bermain-main dengan susunan gambar, saya berusaha menghadirkan “dimensi ketiga” di kepala penonton melalui sajian “cahaya mata” mata si kucing di antara kepanikan seekor ikan yang menghindari cahaya lampu kamera android saya. Setelah saya tonton ulang, saya belum menyentuh benar-benar “dimensi ketiga” Eisenstein itu. Ah!

Hari ini benar-benar boros. Sekarang sudah pukul setengah sebelas malam. Saya harus segera membuka artikel “revolusi akan diunggah” itu untuk mulai menyelami pemikiran Snowdon. Hanya tinggal seminggu lagi, esai kuratorial ini harus selesai. Semuanya harus selesai dalam waktu setengah hari dikali tujuh.

Dan hanya ada tujuh orang di Forum Lenteng sekarang ini—setahu saya—yakni Gesya, Dina, Ryan, Bunga, Diki, UTM dan saya. Ryan, Bunga, Diki dan UTM [mungkin] juga sedang serius mengerjakan esai mereka masing-masing.

Baru saja saya akan menyelesaikan tulisan ini, UTM muncul dari tangga dan berseru, “Yah, Zikri, rokok lu najooong!”

TandaTangan_latar_transparant

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

