Ulang Tahun Forlen

foto 13 juli

13 Juli, 2014. Saya mengalami kesulitan untuk tidur, padahal hari sudah begitu pagi dan malam sebelumnya saya begadang. Padi-pagi begini, UTM, Makbul, Andrie, Bunga dan Akbar sudah berdebat untuk menentukan daftar filem yang lolos penilaian mereka. Kalau saya tidak salah dengar—di tengah tidur-tidur ayam yang saya lakukan—ada dua puluh sembilan filem yang disepakati masuk ke dalam daftar program-program kuratorial untuk festival mendatang.

Saya berusaha kembali tidur. Pukul satu siang. Maghrib hari ini Forum Lenteng akan mengadakan acara berbuka bersama. Pesta makan. Sekaligus juga, merayakan hari jadi organisasi nirlaba ini.

Sekitar pukul setengah lima, di ruang studio Forum Lenteng, saya terbangun karena ada yang menendang kaki saya. Ageung, dengan tersenyum manis, menendang kaki saya dan bertanya, “Ada korek gak?” (“Lah, dia gak puasa, ternyata….!” Saya beruar dalam hati).

Kehadiran Ageung ketika saya terbangun itu menandakan bahwa Forum Lenteng sudah ramai. Benar saja, sore jam lima tadi, Forum Lenteng sudah diramaikan oleh anggota-anggota keluarga besar. Umumnya mereka lebih tua dari saya.

***

Ya, acara buka bersama ini memang pesta makan. Tapi saya makan tak begitu banyak meskipun di mata beberapa orang saya tetap makan banyak. Acara ditutup dengan ngobrol dan foto bersama, lalu diskusi-diskusi santai (lebih banyak nostalgia para anggota ketika masih aktif menjadi pengurus organisasi). Saya hanya tertawa-tertawa saja.

Malam. Larut, dini hari. Acara dilanjutkan dengan nonton bareng piala dunia.

Saya sendiri tak banyak mendapat kesempatan untuk menulis ini. Lebih banyak duduk membaur, mendengar cerita. Makanya, tulisannya jadi seperti ini.

TandaTangan_latar_transparant

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

