Bicara Pancasila

Foto Pancasila

7 Juli, 2014. Tiba-tiba saya terpikir ingin menulis ini:

Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat ndonesia

Dulu, waktu masih sekolah SD-SMA, setiap Hari Senin, saya mendengar lima sila itu dikumandangkan pada upacara bendera pagi hari. Sekarang, hampir tak pernah saya mendengar itu dikumandangkan.

Tanggal 4 Juli kemarin, saya menyaksikan seorang pembicara di TIM mengumandangkan lima sila itu dengn lantang dan dramatis, lalu mengupasnya satu per satu, memaarkan jati diri bangsa Indonesia. Bukannya takjub, saya justru merasa bosan.

Bagi saya, Pancasila adalah dasar negara yang bukan untuk di-dewa-kan, tetapi dikritisi, demi mendapatkan jawaban-jawaban hakiki tentang kesejahteraan. Toh, pada kenyataannya, yang membawa nama Pancasila sekarang ini umumnya terlibat dalam tindak-tanduk kekerasan. Sama halnya yang membawa nama agama dan tuhan.

TandaTangan_latar_transparant

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

