Pidato Jim…

“Peggy, Tuan-tuan. Hari ini, hari penting. Pedang ‘lah kutarik. Dan syiiir, aku putuskan tali kelaziman yang mengekang kemajuan zaman. Tahukah kenapa Amerika makin merosot sebagai negara besar? Karena rakyatnya tidak tahu lagi menjawab kenapa minum kopi pada waktu ‘jam ngopi’. Tidak tahu menjawab kenapa orang cuma bisa beli hot dog dan hamburger sejak dari Bowery sampai Upper-Bronx. Orang mengunyah hot dog karena orang di kirinya mengunyah hot dog. Orang memamah hamburger karena di kanannya memamah hamburger. Beo, Peggy, beo! Monyet Tuan-tuan, di mana-mana monyet! Tapi hari ini pedang ‘lah kutarik. Good bye hot dog, farewell hamburger! Aku mau makan codsteak atau halibut buat makan siangku, meskipun hari ini hari Senin. Aku, aku, aku, a-a-a-a … ku, oh, oh…”

Umar Kayam, “Secangkir Kopi dan Sepotong Donat”, dalam buku kumpulan cerpen Umar Kayam, Seribu Kunang-kunang di Manhattan, Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, 2003. Hlm. 51.

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

