Beberes Ruang akumassa

Berikut dokumentasi aktivitas beberes ruangan akumassa, yang saya abadikan di sela-sela mengepak barang-barang berdebu itu. Tentu saja foto-foto ini sebagai arsip digital tambahan mengenai rumah lama, yang patut untuk dikenang jika sudah menetap di rumah baru. #asyek

featured

Forum Lenteng, dalam waktu dekat, akan pindah markas dari Jalan Raya Lenteng Agung ke kawasan Tanjung Barat. Kalau saya tidak salah ingat, kontrakan yang akan menjadi markas baru itu terletak di Jalan Saidi.

IMG_20140419_091045

Berhubung sudah tanggal 19 April—katanya, Forum Lenteng akan mulai memindahkan barang setelah tanggal 20 April, 2014—saya dan Robert, seorang teman dari Komunitas Dampingan akumassa di Padangpanjang, Sarueh, hari ini mulai mengepak arsip-arsip akumassa ke dalam kardus.

Di mulai pukul delapan pagi, kegiatan mengkarduskan arsip-arsip itu selesai beberapa menit yang lalu.

IMG_20140419_091111

Program akumassa telah dimulai oleh Forum Lenteng sejak tahun 2008. Konsep demi konsep dan metode demi metode pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat berbasis media (dan pemberdayaan media berbasis warga/komunitas) terus mengalami perkembangan selama lebih kurang 5 tahun itu. Mulai dari gagasan tentang peristiwa massa dan narasi-narasi kecil dalam ruang lingkup lokal, teknifikasi video untuk mereduksi subyektifitas sutradara/pembuat video, yang ditetapkan sebagai gaya video akumassa, dan menulis gaya akumassa yang mendasarkan pengalaman sebagai sumber data (tahun 2008-2012), hingga pengembangan tahap lanjut ke arah penelitian berbasis komunitas yang mengkritisi media massa arus utama (2012-2013), dan agenda penguatan konten dan peningkatan kapasitas penulis akumassa (2013-sekarang).

Kerja yang konsisten ini menghasilkan demikian banyak arsip. Ada yang bentuknya berupa coret-coretan di atas kertas, poster-poster, artikel print, katalog/buku pemutaran, memorabilia, dan juga dokumen-dokumen dari surat kabar atau selebaran yang berhubungan dengan isu-isu lokal. Buku-buku yang berhubungan dengan topik literasi media dan komunikasi juga banyak.

Dan semua itu menuntut untuk dirapikan hari ini. Berikut dokumentasi aktivitas beberes ruangan akumassa, yang saya abadikan di sela-sela mengepak barang-barang berdebu itu. Tentu saja foto-foto ini sebagai arsip digital tambahan mengenai rumah lama, yang patut untuk dikenang jika sudah menetap di rumah baru. #asyek

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s