Tidak ada satu orang pun yang tahu mengapa aku memutuskan untuk mengambil jalan ini, kecuali diriku sendiri dan Sang Khalik: di antara semua tingkah laku yang dianggap melanggar nilai-nilai lama itu, aku sedang melakukan suatu langkah moral: aku berjuang memecahkan sebuah kasus, meskipun itu harus dengan mengorbankan citra-citra yang telah lama terjaga. Aku sedang menjadi mahasiswa. Aku mahasiswa! Kata-kata ini aku lempar dengan telunjuk ke batang hidung mereka yang masih bertanya-tanya, termasuk diriku yang lain, yang masih tak percaya mengapa aku bisa-bisanya tiba di persimpangan jalan ini.

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

