pertanyaan saya malam ini

Aneh juga rasanya waktu menyadari bahwa ada sesuatu yang hanya kita mengerti sendiri tanpa ada orang lain yang memiliki pengertian yang sama. Apakah sesuatu yang seperti itu benar-benar ada? Atau jangan-jangan kita hanya membuat-buatnya jadi ada?

Beberapa menit yang lalu saya bertanya, tidak tahu kepada siapa, tetapi yang jelas bukan kepada diri sendiri, saya bertanya tentang sesuatu itu. Apakah sesuatu yang seperti itu bernama keegoisan? Ego? Saya lantas bingung karena beberapa hari yang lalu saya sedikit paham—semoga tidak salah paham—bahwa kata ‘ego’ sendiri dicetuskan oleh Freud bukan untuk menggambarkan sesuatu yang demikian—kalaupun iya, tetapi tidak sepenuhnya demikian. Menurutnya, ego justru ada ketika manusia dapat bertindak dan berpikir secara rasional. Sementara sesuatu yang HANYA dapat kita mengerti itu, menurut saya tidak bisa dikatakan sebagai ‘sesuatu yang rasional’ karena, menurut saya, rasional itu ada ketika kita bisa menjelaskannya kepada orang lain dengan sederhana.

Lalu, apa sesuatu yang seperti itu? Kehadirannya begitu mengganggu ketenangan saya dalam beberapa hari ini.

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

