males ngasih judul… #beuh

Ah! Hari sudah larut. Sekali lagi. Terasa cepat sekali, padahal baru tadi komputer ini bercengkrama dengan kesadaran kita yang menyendiri.

Apakah bahagia namanya jika yang lampau-lampau telah luput begitu saja oleh serbuan informasi dari koran harian yang sekarang menjadi santapan? Hasrat-hasrat yang paling mendasar pun sekarang sudah terlupakan. Terkadang kita bisa kaget luar biasa waktu menyadari harap-harap sedetik lalu tak terlintas di dalam pikiran saat sedang menemukan satu keasyikan yang baru. Akan tetapi baru tidak akan abadi. Dia akan segera menjadi usang. Lantas, kita akan teringat lagi yang lalu itu.

Beberapa menit sebelumnya, tawa meledak-ledak di dalam ruangan ini. Meskipun sendiri, barisan kalimat yang terkesan hidup di layar komputer ini memberikan sebuah ilusi bahwa kita terhubung satu sama lain, walau terkadang ada juga yang acuh tak acuh dengan tawa kita yang sudah membuat mata berair-air menahan geli.

Tapi ini memang sebuah kegembiraan. Ada banyak cerita di sini. Cerita ini datang membawa kebahagiaan. Akan lebih berkesan, jika cerita berbeda dari sumber yang tak sama menjadi sebuah pembanding bagi kita untuk menilai dan menakar kesenangan.

Tiba-tiba saja, aku teringat sebuah rintihan pilu dari seorang pengelana yang mati di tengah hutan Alaska itu. Katanya, “Kebahagiaan itu akan benar-benar terasa jika dibagi.”

Apakah orang-orang terdekatku dulu sudah membaca cerita itu? Ingin sekali rasanya aku bertanya tentang kabarnya, dan apa kesenangannya sekarang.

Memang, dan aku memang mengerti, manusia memang seharusnya tidak perlu mengulangi harapan-harapan kelamnya yang menindasnya di masa lalu. Aku menulis ini, seperti kata Linda Christanty, hanya untuk belajar dari sejarah agar sejarah gelap tidak terulang.

Namun, nyatanya kita ini sendiri di sini.

Advertisements

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s