…masih galau nih bro!

Dua hari yang lalu saya menyelesaikan tulisan yang dipesan olen Ibnu, teman saya yang sekarang ini aktif di ruangrupa. Tulisan itu, intinya, membicarakan tentang gerakan atau aktivisme mahasiswa sekarang. Saya diminta untuk memberikan sebuah pendapat tentang bagaimana kecenderungan gerakan-gerakan mahasiswa jaman ini, berdasarkan amatan saya sebagai mahasiswa, dan kemudian memberikan semacam rekomendasi yang diperkuat oleh argumen-argumen terkait dengan kecenderungan yang tidak memiliki ‘taring’ itu.

Saya sadar bahwa satu hal yang menjadi masalah dalam aktivisme mahasiswa sekarang—sekali lagi, ini hanya sejauh pengamatan saya. Bisa jadi, amatan saya masih sangat kurang untuk dijadikan pen-generalisasi keadaan mahasiswa seluruhnya—ialah ketidakmencairan para mahasiswa dengan masyarakatnya sendiri.

Saya terhenyak ketika menonton sebuah video dari girlband Korea di youtube. Dengan gembira mereka menari-nari di tengah-tengah masyarakatnya. Jelas, itu hanyalah sebuah komoditas untuk kepentingan industri atau kampanye komersil. Namun demikian, justru video itulah yang, entah mengapa bisa seperti itu, memberikan saya banyak bayangan-bayangan ‘apa yang seharusnya’ dapat dilakukan oleh mahasiswa dalam melancarkan ‘aksi turun ke jalan’ mereka. Dengan segala kecanggihan tekonologi dan keterbukaan akses yang ada pada era ini, semua itu sangat mungkin dilakukan: segala usaha untuk memberikan pemahaman dan penyadaran sosial bagi masyarakat agar mampu bangkit dari ketidakmajuan, baik dari segi pola pikir maupun praktik berkehidupannya. Dan apa yang saya maksud ialah: ‘kreativitas’ dan ‘orientasi’ dalam mengemas sebuah aksi.

Sayangnya, mengapa ini baru terpikirkan sekarang? (sudah lama saya berpikir tentang hal ini, tetapi baru sekarang saya sedikit—masih sedikit—sadar tentang argumen-argumen penguatnya, lengkap dengan contoh-contoh yang dapat menjelaskannya sehingga saya semakin yakin strategi-strategi itu bisa dilakukan).

Sementara itu, semua program kerja semua organisasi mahasiswa di kampus saya sudah terpancang dan tidak bisa diusik lagi. Gerah juga rasanya jika harus menunggu hingga ada kepengurusan baru, di mana pada waktu-waktu itulah biasanya ide-ide ini bisa diusulkan. Yang lebih disayangkan adalah dari semua program kerja yang telah disusun dan sedang/akan dijalankan oleh organisasi mahasiswa di kampus saya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tidak ada yang memiliki karakter ‘sosial’ (dalam artian mencair ke masyarakat, bukan ‘dermawan’ semata) dan kerangka ‘politis’ (dalam artian cara-cara stategis dan taktis dengan kemasan kreatif yang memiliki ideologi, tujuan dan arah yang jelas) sama sekali. Mahasiswanya hanya terjebak pada keinginan-keinginan ‘mengadakan’ acara (event) yang temporer tanpa langkah yang mengarah kepada pembangunan dan perombakan wacana dan pemikiran yang memiliki sifat progresif dan inspiratif. Dan yang paling memuakkan ialah ini terjadi sejak awal saya menjadi mahasiswa hingga sekarang: tidak ada perubahan yang berarti.

Dan yang menyedihkan, ini terjadi di lingkungan mahasiswa yang bangga dengan kampusnya dan selalu mengusung slogan-slogan ‘gue’ di segala atributnya. Organisasi-organisasi mahasiswa yang tidak berani bertaruh hidup untuk ‘lepas’ dari kampusnya. Mahasiswa-mahasiswa yang mager dan tidak mau mencoba menegakkan prinsip independen murni secara total.

Betapa oh betapa…. #hadeuh…

Ingin menulis lebih panjang (mencoba untuk menuangkan ide-ide itu dalam tulisan ini), tapi mata saya sudah tidak kuat… bangsat!!! (Kalau besok, pasti mager lagi untuk melanjutkan tulisan. Nyatanya, ternyata saya juga bagian dari mahasiswa sekarang yang ‘malas gerak’. Beuh!)

Hyah, beginilah kita…

 

 

 

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

