Tarik Jadi Menarik. Kalau cantik? Gak Mungkin Mencantik, kan?

Saya sempat membaca sebuah tulisan di blog teman saya, namanya Prashasti Wilujeng Putri, dan nama blognya adalah Hakuna Matata. Pada postingannya yang terbaru, tulisan berjudul “Hai, cantik!” menarik perhatian saya.

Ketika membacanya, saya lantas tertarik untuk memberikan komentar cantik yang tak kalah menarik. Setelah membacanya lagi, saya rasa komentar itu bisa dijadikan sebagai bahan postingan di blog saya. #asyek

Justru dilematis, klo gue boleh berpendapat… kata teori-teori sih begitu, bahwa media telah mengonstruksi cara pandang masyarakat dalam melihat apa dan bagaimana itu cantik..

mungkin yang seharusnya menjadi perhatian kita adalah bagaimana menyikapi realitas yang sekarang ada: bahwa cantik memang demikian definisinya (seperti kata media)… berusaha menampik apa kata media tentang definisi cantik juga malah akan menjadikan kita sebagai pribadi yang munafik… iya ga sih? Sama halnya dengan definisi tampan yang melekat pada  laki-laki.. “The beauty on human being can’t be separated from physical appearance. Common sense says so..”

Pertanyaannya: apakah kecantikan adalah kunci dari rasa percaya diri?

Menurut gue pribadi, ketika kita bisa menemukan kunci yang lain, kita tidak akan terganggu dengan definisi cantik yang dihasilkan media (semacam interpretasi sederhana dari interaksionis).. Dengan kata lain, kalau gue bisa menjadikan rokok atau kemampuan ‘public speaking’ sebagai kunci alternatif untuk menjadi PD di depan umum, misalnya, gue bisa tampil dengan menarik seraya menikmati definisi cantik dan tampan yang dihasilkan media…

Bagaimana dengan kemampuan menari? #asyek *colek-colek*

Renungannya adalah: sejauh mana kita bisa mencari cara (mengaktualisasikan diri) untuk menjadi menarik… toh mendapat pujaan hati disebabkan oleh kata ‘tertarik’ bukan ‘tercantik’ #apasih ga jelaaas,, bwahahaha

NB: aura seorang penari itu mumpuni loh…

Author: Manshur Zikri

Penulis

1 thought on “Tarik Jadi Menarik. Kalau cantik? Gak Mungkin Mencantik, kan?”

  1. Baru tadi pagi gue ngeliat di TV iklan produk penghilang bulu. Taglinenya itu “Cantik itu kulit mulus bebas bulu.” Padahal menurut gue, cewek yang punya bulu halus samar-samar itu seksi. Haha! Well well, iya sih yang penting itu menarik, bukan cantik.

    Like

Leave a Reply

