Oke, yang ini silakan dibaca! Toh hanya saya yang mengerti maksudnya. #asyek

Drajat, beberapa hari yang lalu, berkata kepada saya bahwa saya harus menikmati keadaan ini. “Buat apa juga dipaksa, Sob? Elu siapa?!”

Pertanyaan pertama itu mulai mendominasi pikiran saya. Sedangkan pertanyaan kedua itu sudah bersemayam jauh-jauh hari sebelum pria berperawakan santai itu mengatakannya.

Ini memang lanjutan dari tulisan yang saya larang dibaca oleh orang-orang. Akan tetapi tulisan ini saya perkenankan untuk dilihat sebagai sebuah pernyataan sikap. Nyatanya, saya memang kalah dengan ego diri sendiri dan sikap pesimis yang semakin hari semakin membukit. Bukan apa-apa, basa-basi hari-hari belakangan ini memperlihatkan tanda itu, bahwa saya semakin kehilangan ide untuk melanjutkan langkah ini. Puisi yang pernah saya buat sebagai pemicu semangat untuk tidak menyerah menjadi percuma. Lantas saya bertanya, haruskah saya kemudian menutup buku? Mungkin tidak.

Saya menemukan hal baru yang harus saya tulis. Sedangkan persoalan lama, soal yang gagal saya jawab, terpaksa harus saya hentikan saat ini juga. Tidak perlu marah. Lagipula, hasrat untuk berhenti ini juga dipicu dari pemahaman yang telah saya dapatkan akibat dari ketertarikan yang tiada duanya. Mungkin, ini lah bentuk ketertarikan yang paling antusias yang pernah saya rasakan. Namun, saya pikir ini semua sudah cukup. Bukan bosan, melainkan saya tidak ingin membuat pribadi saya semakin tamak akan kelenaan bermimpi. Bukankah ia juga mengajarkan hal ini kepada saya tanpa ia sadari?

Saya, mungkin, dapat sedikit berbangga karena, setidaknya, dengan pemberhentian ini saya mencoba mengamalkan apa yang saya dapat dari proses mengagumi sesuatu tanpa satu kebutaan yang menyesatkan. Ya, itu kesimpulan saya.

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

