15.21 : sejenak kelakar tentang baik

Terkadang, kita akan menjadi lebih baik ketika melakukan atau menjadi sesuatu yang kita anggap tidak baik. Ini memang aneh, tetapi banyak dari pengalaman yang saya miliki mengatakan demikian. Hal ini pula yang membuat saya selalu berpikir bahwa baik dan buruk itu adalah sesuatu yang tidak mutlak. Kebenarannya harus dilihat berdasarkan hubungan ruang dan waktu.

Sekarang siang menjelang sore. Secara mendadak, sebuah pertanyaan muncul di kepala saya: bagaimana caranya agar kita tidak melakukan hal yang tidak baik, tetapi kita tetap menjadi baik? Mungkin jawabannya berbeda pada setiap orang. Saya sendiri berpendapat bahwa hal-hal yang mendorong kita untuk mau atau tidak melakukan sesuatu itu, umumnya, didasari oleh asumsi-asumsi yang penuh dengan duga dan harap. Bahkan, perhitungan yang valid sekali pun, tidak lepas dari duga dan harap. Harapan-harapan yang baiklah kemudian memiliki pengaruh paling besar kepada seseorang dalam mengambil keputusan atas sebuah tindakan. Dan tak jarang pula, harapan yang salah membuat seseorang kecewa sehingga ia beralih dari tindakan yang ia lakukan sebelumnya.

Kesimpulannya, mumpung panas terik masih membuat saya malas beranjak dari meja ini, saya berpendapat bahwa apa yang baik sekarang ini, belum tentu akan menjadi baik di masa yang lain, begitu pula sebaliknya. Namun demikian, saya selalu mengingatkan diri untuk tidak melulu berpangku tangan pada duga dan harap yang menyesatkan. Daripada duga dan harap, saya lebih nyaman untuk mengatakan bahwa saya memutuskan sesuatu karena atas dasar rasa percaya. Sejatinya, kepercayaan itu lebih kuat daripada dugaan dan harapan.

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s