manifesto aku #4

baiklah aku memang tidak akan menantang kenyataan

kita diantarai si Garis Perbedaan

 

baiklah aku sadari sejarah kita penuh kesalahan

menambah hal-hal yang tak perlu dibedakan

 

aku di bagian yang hongkang, kau di bagian yang menentang

kau di bagian yang kelam, aku di bagian yang terang

kau yang bergidik sementara aku berang

begitulah budaya kita terus berdendang

aku tahu, sejak dulu, suaramu terus melanglang

aku dan yang seperti aku acuh tak acuh terus berlenggang

 

baiklah aku mengakui yang seperti aku penuh keegoisan

agungkan pikiran abaikan perasaan

 

baiklah aku memang terkutuk telah terbawa arus

hingga juang-juangmu terus saja tergerus

 

aku dan yang seperti aku di pihak yang diam

kau dan yang sepertimu di pihak yang dipaksa mendendam

 

ini surat pengakuan dosaku

bukti aku cintai empu

 

bersuara lah, bersuara!

berjuang lah, berjuang!

kesetaraan tak pernah tercapai

jika kau lelah lantas mengalah

tak bisa kau gapai, dayakan lah galah!

 

aku yang berharap dalam keterjebakan ini

kartini tidak akan pernah mati.

karena aku mencintai pemijak surgawi.

 

aku akan membelah kepalaku biar apimu membara.

 

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

