Saya tidak mau menjadi aku.

by Tooftolenk Manshur Zikri on Tuesday, 29 March 2011 at 23:28

karangan karya Manshur Zikri
Saya tertegun ketika mendengarnya tidak lagi bercengkrama di meja itu. Memang, banyak yang mengatakan bahwa itu hanya sementara saja, sampai dia bisa kembali duduk di meja, menghisap sebatang samsu dan mulai seperti orang gila mendegar lagu yang jelas bukan pop melayu.
Saya kembali memikirkan orang-orang seperti dirinya; bahwa saya, mungkin, bisa saja digolongkan sebagai orang yang sama seperti dia, setelah tidak sengaja membaca pemaparan Lavine tentang betapa sederhananya pemikiran Satre.
“Gila! Apanya yang sederhana!?” saya menggerutu di dalam hati. “Pantas saja mereka menjadi tidak tahu arah, untuk mendapatkan pemahaman saja, harus menenggelamkan diri ke suatu titik keputusasaan! Bukankah ini suatu pandangan yang kontradiktif ketika mulai menyadari betapa pentingnya eksistensi dan pengalaman diri?”
Saya sering berteriak di tempat itu dengan berapi-api bahwa kita itu akan dihargai dengan jalan pikiran dan bentuk pemikiran, semuanya itu membutuhkan suatu definisi dan pematangan konsep yang kokoh. Berkoar mementingkan diri sendiri adalah perilaku manusia sampah yang tidak ada gunanya. Akan tetapi saya terpaksa bergulingan dengan pasir kebingungan ketika menyadari bahwa orang-orang yang menjadi inspirasi dunia adalah orang yang begitu egois dan menganggap bahwa diri mereka adalah yang penting. Aku adalah aku karena aku untuk aku bukan diluar aku!
Saya kemudian bertanya, mungkin ditujukan untuk diri saya sendiri, “Jadi apa, pengalaman atau pemikiran.” tanpa membubuhkan tanda tanya; karena saya mulai membagi hati kepada dua jalan yang menguasai dunia itu. Tidak berapa lama setelah saya bertanya, seorang perempuan muda menjawab dengan lantang, “Menjadi manusia!” katanya.
Hei hei hei!!! Jawaban itu tidak memberi kelegaan kepada saya, karena justru memperparah kebingungan yang ada di kepala ini (dan saya menjadi ketakutan akan ancaman yang dapat menimpa saya, seperti dia yang sudah tidak menghisap samsu lagi). Menjadi manusia itu adalah keegoisan aku! Memanusiakan manusia dengan suatu jalan pikiran dan penemuan teori baru juga akan membawa kita ke arah kemunduran; saya memahami pemaparan seperti ini di dalam forum itu; karena kita semua tahu, jika ingin menjadi manusia membutuhkan suatu kesadaran bahwa kita adalah makhluk yang berbeda dengan benda, tidak dapat kita sebut raga ini sebagai manusia setengah benda! Dampaknya bisa saja memalukan, dihina setengah mati dan kita hanya bisa menanggapinya dengan tawa kecut tak bisa melawan.  Parah! Tentu saja saya tidak mau menjadi orang yang seperti itu.
Akan tetapi pemahaman seperti ini tetap saja bertentangan dengan kodrat manusia. Jikalau memang ingin menjadi orang yang memang manusia, aku adalah aku karena aku untuk aku bukan di luar aku, mengapa mereka memilih untuk menjadi asing dengan aku aku yang lainnya, sementara manusia itu baru akan sempurna jika ia dapat mencair dengan aku yang lain, sehingga terbentuklah suatu aku kolektif yang kemudian menciptakan suatu peradaban, dan manusia menjadi tetap ada, tetap eksis, seperti yang diinginkan orang yang ingin menjadi manusia itu. Bukankah alasan seperti ini menjadikan suatu pemikiran itu tetap penting? Lalu mengapa mereka menolak suatu definisi hanya karena memikirkan bahwa kesadaran tentang diri sendiri adalah suatu hal yang mutlak untuk menuju titik pemahaman yang benar-benar bisa membawa perubahan, atau sekadar menjadi inspirasi orang-orang baik setelahnya?
Ah, saya semakin bingung saja. Hampi-hampir seperti dia yang sekarang sedang menjalani hari-hari membosankan hanya untuk mendapatkan suatu keadaan yang kembali seperti semula. Memikirkan hal ini, saya semakin terasing dari aku sendiri.
Saya tidak mau menjadi aku.

Like ·  · Share · Delete

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

