Hadiah Untuk Yang Semangat

puisi oleh Manshur Zikri

Coba aku periksa,
oh, ya ya ya!
Ada buku Pram dan Steinbeck di sini,
setengah botol air minum,
gelas bekas kopi ABC,
gitar, tas,
ada juga empat asbak rokok.

Oh, ya aku masih merokok ternyata,
berhentilah ngambek seperti itu
karena asap sudah terlanjur mengepul ke langit-langit
melewati lima batang Mild
menemani semangat dalam diriku

Oh, tentu saja,
Kapal Turki ke Gaza itu
sudah aku baca, sudah, ada Kompas di bawah gitar
di atas meja,
begitu bersemangat mereka,
tak perlu kita kasih hadiah, tentu saja.

“Sekarang saatnya untuk mengambil keputusan
jangan bingung jangan merugi,
membaca buku yang Sayang pegang itu keputusan baik, bukan?
jangan sampai rela dicampakkan institusi”

Aku yakin meja mu atau kasur mu
sama berantakannya dengan di sini.
Kau harus semangat, tentu saja.

Ya, semangat, semangat!

Tenang jangan bertanya juga, lagi!
Percuma meragukan hati.
Cukup hati-hati saja dalam menyikapi
Ucapan seminggu lewat bukan sekadar janji
tapi dengan ketulusan hati
Dan aku berani untuk berkata
ini adalah hadiah semangat oleh cinta
teruntuk jiwa yang tulus mencinta
jalinan kuat antara kita, tentu saja!

Gerimis hujan membuat suasana kali ini menjadi romantis
110 tahun sudah sejak si Gadis manis
menulis banyak surat tentang kisah si kulit cokelat yang sedikit ironis
Aku beri tahu kepadamu, sayang, itu surat untuk Estelle Zeehandelaar
Gadis manis ini begitu semangat
Dia mendapat hadiah dari rakyat
buah hasil dari sebuah semangat
Sayang juga harus begitu, walau dirimu bukanlah ningrat.

Pancasila?
Wah, sms mu sepertinya tidak bisa aku jawab
memang perstiwa itu juga didorong oleh semangat
semangat kemerdekaan untuk rakyat, semangat empat lima.
barusan aku bilang, Sayang
cuma buku tentang surat dan tentang anggur yang aku pegang
jangan lah bersedih, Sayang
dirimu akan jauh dari semangat gemilang karenanya, Sayang.

Ya ini saja ucapan ku
sebagai hadiah
untuk orang-orang yang semangat
seperti dirimu, Sayang.

Protes sok idealisku tentang sastra berat
jangan lah kita ingat-ingat

Hadiah kali ini tidak apa-apa kalau terlalu gamblang
ini pun adalah hadiah untuk banyak orang
tapi secara khusus kupersembahkan
untuk mu seorang,
Sayang.

2 Juni 2010


https://manshurzikri.wordpress.com/

Author: Manshur Zikri

Penulis

Leave a Reply

