Dua Blog (jurnal) yang selalu saya nantikan postingan terbarunya

Banyak para blogger melakukan blogwalking berharap semoga mendapat kunjungan balik dari blogger yang mereka kunjungi. Pada awalnya saya melakukan hal itu dengan niat yang sama. Akan tetapi setelah tiga bulan ini saya nyemplung dalam dunia blog-blog-an, saya merasa bahwa kegiatan blogwalking itu benar-benar mengasyikkan dan merupakan kebutuhan, karena saya bisa membaca berbagai informasi atau opini dengan bahasa yang bervariasi dan unik tergantung dari karakteristik pemilik blognya.  Terkadang saya sengaja membuka wordpress ini bukan untuk memuat tulisan baru, melainkan saya menghabiskan waktu hampir dua jam hanya untuk blogwalking: mencari bahan bacaan baru untuk memperkaya wawasan serta memperindah cara pandang. Selain itu, dengan membaca banyak blog orang yang bervariasi memberikan warna baru dalam tema dan topik bahan bacaan.

Ada dua blog, atau bisa disebut jurnal online, yang selalu saya tunggu-tunggu tulisan terbarunya, yaitu jurnalfootage dan akumassa.

Jurnalfootage sendiri adalah sebuah media informasi tentang film dan video. Mereka memposisikan diri sebagai pengamat sekaligus pengkritik film dan perkembangan media serta video di Indonesia. Banyak dari aktivis film dari berbagai komunitas film menantikan tulisan-tulisan mereka. Jurnalfootage adalah jurnal yang diterbitkan oleh Forum Lenteng, sebuah organisasi nirlaba yang berdiri pada tahun 2003. Jurnalfootage menyajikan berbagai tulisan dan artikel sebagai respons terhadap kurangnya wacana dan kritik di media audio-visual (film dan video) di Indonesia, Asia Tenggara, dan di seluruh dunia.

Halaman depan JurnalFootage

Akumassa adalah jurnal yang ditulis oleh penulis, bercerita tentang kehidupan penulis dan orang-orang disekitar penulis. Akumassa ini ditulis oleh banyak penulis yang tergabung dalam komunitas dampingan Forum Lenteng. Komunitas-komunitast terseut antara lain adalah Saiidjah Forum, Sarueh, Gardu Unik, Anak Seribupulau, dan sebagainya.

Berikut kutipan dari akumassa:

“www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan selama satu bulan. Pendekatan dalam workshop yaitu pengenalan sejarah dan medium audio visual, kemampuan teknis dan pengolahan, melakukan riset empiris dan data, serta terjun langsung ke dalam masyarakat. Menjadikan Aku sebagai bagian dari Massa. Bentuk kerja kolaborasi dalam program akumassa merupakan strategi untuk pengorganisasian komunitas lokal dalam pengembangan medium audio visual dan kerja budaya melalui jaringan kerja antar komunitas di Indonesia.

http://www.akumassa.org terbit didasari atas gagasan tentang jurnalisme warga, masyarakat khususnya pekerja kreatif muda (usia 20-30 tahun) yang dapat memanfaatkan teknologi modern dan internet global ini sebagai media informasi alternatif dan juga untuk melengkapi maupun memeriksa fakta-fakta yang diberitakan dalam media. Apa yang dikerjakan oleh Forum Lenteng selama ini, adalah sebuah usaha mengumpulkan narasi-narasi kecil tentang kota, Jakarta khususnya. Narasi-narasi yang dituturkan ’sendiri’ oleh masyarakatnya. Karena selama ini berita-berita yang diketahui oleh masyarakat berada pada kuasa media massa besar. Dengan gagasan tersebut di atas Forum Lenteng berinisiatif untuk membuat media massa alternatif berbasis jaringan internet dalam bentuk blog yang diaplikasikan ke dalam program dan ide akumassa. Isi dalam artikel-artikel yang terbit dalamhttp://www.akumassa.org berisi tentang kepingan-kepingan kecil akan sejarah dan peristiwa di tiap kota dampingan ataupun kota di luarnya.”

Halaman depan akumassa

Gagasan dari dua jurnal ini sungguh sangat mengesankan. Mereka dapat memanfaatkan dan menggunakan seluruh nilai guna sebuah media (media online) untuk melakukan gerakan yang mencerdaskan masyarakat.

Saya berharap, suatu saat saya memiliki blog yang konten-nya serupa dengan dua blog di atas. Dan saat itu tidak akan lama lagi.

🙂

Author: Manshur Zikri

Penulis

17 thoughts on “Dua Blog (jurnal) yang selalu saya nantikan postingan terbarunya”

  1. bener bro.. itu memang salah satu tips agar blog kita juga dapat dikenal dan disukai oleh blogger.

    dan selain itu bisa jadi berkenalan seperti kita🙂

    btw, nice blog nya bro…

    selain itu, dari blogwalking minimal kita tau yang empunya blog punya kepribadian seperti apa yaaa dilihat dari blog nya.
    dan gak jarang kita bisa dapat inspirasi atau ide2 baru untuk posting blog kita sendiri.

    bisa dari theme yang ada pada blog lain bisa membuat kita pun berkreasi memperindah blog kita sendiri.

    dan yang pasti lebih luas wawasan kita, bener apa bener ? dan semangat untuk ngeblog juga jadi makin meningkat…

    pokoke banyak deh yang positif kalau kita blogwalking, gak ada ruginya kok.

    ok bro…. semangat dan ditunggu postingan berikutnya. tks fur visit to my blog yaaaa

    @djmartha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s