Burj Dubai sebagai menara tertinggi sejagat

Menara BURJ DUBAI, diakses dari: www.blogotainmen.com/ wp-content/uploads/2009/...
Menara Burj Dubai, diakses dari: http://www.blogotainmen.com/ wp-content/uploads/2009/...

Tidak sengaja melihat surat kabar hari ini, KOMPAS, beberapa  jam yang lalu tentang Menara Dubai Tertinggi. Menara itu bernama Burj Dubai, yang diresmikan oleh pemerintah Dubai pada hari Minggu, 3 Januari 2010 (di wikipedia dikatakan bahwa menara ini diresmikan tanggal 4 Januari 2010). Menurut keterangan dalam KOMPAS, peresmian ini berbarengan dengan peringatan Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum naik takhta sejak 2006.

Berhubung karena hari sudah malam, saya tidak mempunyai waktu yang cukup untuk mencari informasi lebih lengkap lagi dari internet atau bahan bacaan lainnya, jadi saya akan memberitahukan informasi ini kepada pembaca sesuai dengan apa yang saya baca di koran KOMPAS hari ini.

Dalam KOMPAS (Selasa, 5 Januari 2010) dikatakan bahwa pada saat peresmian menara tertinggi ini, keadaan ekonomi di Dubai belum pulih. Harga barang di Dubai merosot tajam akibat krisis keuangan dalam setahun terakhir ini.

Menara Burj Dubai adalah menara pencakar langit dan menjadi menara tertinggi di dunia saat ini. Ketinggian menara ini mencapai 2.684 kaki atau setara dengan 818 meter, memiliki 160 lantai. Bangunan ini terletak di lahan seluas 500 acre atau sekitar 232,3 hektar. Total luas bangunan adalah 526.760 meter persegi, dengan gedung perkantorannya seluas 300.000 meter persegi, dan 171.870 meter persegi berupa tempat hunian Pembangunan menara ini menelan dana sebesar 1,5 miliar dollar AS (Rp 13,750 triliun).

______________________________________________

Sumber: KOMPAS, Selasa, 5 Januari 2010, Kini Menara Dubai Tertinggi, hlmn 11.

Author: Manshur Zikri

Penulis

5 thoughts on “Burj Dubai sebagai menara tertinggi sejagat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s