Patung Obama di Taman Menteng: Banggakah kita? Atau turunkan (dan hancurkan saja) saja?

Patung Barack Obama saat kecil di Taman Menteng, Jakarta. Sumber: http://id.news.yahoo.com/viva/20091214/ tid-patung-obama-di-taman-menteng-dimint-bfaaf2f.html

“Menghargai seorang pemimpin negara lain memang baik. Akan tetapi bisa dikatakan suatu penyimpangan apabila kita terlalau mengkultuskan sosok yang bahkan tidak memiliki kontribusi sama sekali untuk negeri ini.” begitulah kira-kira ucapan dari komen yang saya lihat di facebook oleh seorang facebooker yang bergabung di group “Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng“. Saya sendiri belum pernah melihat patung yang diletakkan di Taman Menteng pada hari Kamis, 10 Desember 2009 lalu. Saya mengetahui berita ini saat melihat group di facebook yang memiliki visi mendukung diturunkannya patung presiden amerika itu.

Kalau ditanya menurut pendapat saya pribadi, saya jelas mendukung aksi yang dilakukan oleh facebookers tersebut. Karena saya berpendapat bahwa masih banyak tokoh di Indonesia yang lebih pantas diberi penghargaan berupa monumen di Taman Menteng, seperti Tan Malaka atau Benyamin Syueb. Setiap simbol mempunyai fungsi untuk menyampaikan dan menanamkan pesan-pesan (baik bersifat politik, budaya, dan sosial) kepada masayarakat, yang mana pesan tersebut dapat merubah atau membentuk pola pikir serta opini publik masyarakat. Oleh karena itu, bisa saja patung obama tersebut menimbulkan dampak yang cenderung negatif dalam masyarakat, seperti mendewakan sosok presiden amerika tersebut.

berikut ini petikan berita yang saya dapat dari metrotv.com:

Patung Barack Obama Dibangun di Taman Menteng

Metro Malam / Sosbud / Kamis, 10 Desember 2009 00:31 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Jakarta boleh bangga pernah berkesempatan membesarkan seorang Barack Obama yang kini menjadi presiden ke-44 Amerika Serikat sekaligus seorang penerima Nobel Perdamaian. Untuk mengenangnya, sebuah patung Obama dihadirkan di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Obama tinggal di Jakarta selama hampir empat tahun dari tahun 1967 hingga 1971.

Patung Barack Obama itu dibangun di Taman Menteng, yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari SD Negeri Menteng, tempat Obama pernah menuntut ilmu. Patung perunggu setinggi hampir dua meter ini menggambarkan Obama kecil saat berumur 10 tahun. Senyum mengembang di bibirnya, sementara matanya menatap seekor kupu-kupu yang hinggap di tangannya. Di bawah patung ini tertera sebuah tulisan yang mengingatkan anak-anak Jakarta agar tetap bermimpi, seperti Obama yang mampu mewujudkan mimpinya.

Edy Chaniago yang dipercaya untuk membuat patung ini, mengaku, membutuhkan waktu dua bulan untuk menyelesaikan karyanya. Total biaya yang dibutuhkan mencapai 10 ribu dolar AS atau hampir Rp100 juta yang merupakan sumbangan delapan konglomerat, sebuah stasiun televisi nasional serta sebuah lembaga amal. Patung ini akan diresmikan Kamis mendatang oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.(DSY)

sumber: http://metrotvnews.com/index.php/metromain/newsvideo/2009/12/10/95659/ Patung-Barack-Obama-Dibangun-di-Taman-Menteng

Berikut ini petikan berita yang dimau di Yahoo News:

VIVAnews – Patung Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama yang berada di Taman Menteng mulai mendapat kecaman dari masyarakat. Melalu situs jejaring sosial Facebook mereka yang mendukung untuk menurunkan patung Obama telah mencapai 965 orang.

Pengagas grup bernama Heru Nugroho mengatakan, visi dan misi pembangunan patung Barack Obama dianggap tidak jelas dan tidak memiliki manfaat bagi masyarakat.

“Barack Obama memang pernah menjalani masa kecil di sebuah rumah di Menteng, Jakarta Pusat. Tapi dia bukan siapa-siapa bagi sejarah bangsa Indonesia,” katanya.

Tidak ada kontribusi yang penting dari Obama untuk bangsa Indonesia. Masih banyak pahlawan bangsa ini yang layak mendapatkan penghargaan, seperti Ali Sadikin dan sejumlah tokoh kebudayaan seperti Benyamin S.

Sementara saat peresmian patung Obama, Kamis 10 Desembar 2009 lalu, Walikota Jakarta Pusat, Silviana Murni mengatakan, Obama dapat mejadi inspirasi yang baik bagi pemuda.

Patung Obama ini dibuat berdasarkan foto tokoh tersebut semasa kecil yang sedang bermain kupu-kupu. Patung ini terbuat dari bahan perunggu dengan tinggi dua meter dan berada di tegah-tangah taman dengan berat 30 kilogram.

Perancangnya adalah Edi Chaniago, seorang seniman patung Ancol.

Pembangunan patung ini sendiri digagas oleh lembaga Friends of  Obama.

Obama kecil dalam patung itu terlihat mengunakan sepatu, celana pendek, kaos dan sedang asik bermainan dengan kupu-kupu.

Pada bagian bahan patung tertuliskan “Si kecil bermain bersama ibunya di daerah Menteng ini. Dia tumbuh dewasa dan menjadi Presiden Amerika Serikat ke 44 dan penerima Nobel Perdamaian. -Barack Obama-

Dalam peresmian itu, hadir perwakilan dari Duta Besar Amerika Serikat dan sejumlah tokoh yang menjadi donatur dalam pembuatan patung ini, seperti Mien R Uno, Hasyim Joyo Hadikusumo dan Surya Paloh. Hadir pula ratusan siswa dan guru SDN Menteng 01, Besuki, dan teman-teman semasa kecil Obama.

Sumber: http://id.news.yahoo.com/viva/20091214/ tid-patung-obama-di-taman-menteng-dimint-bfaaf2f.html

Saya memuat tulisan ini dalam blog ini hanya sebagai informasi dan menyalurkan pendapat saya. Bagaimana dengan pendapat pembaca? Mendukung berdirinya patung tersebut atau ikut serta aksi para facebookers yang menuntut diturunkannya patung presiden amerika tersebut?

Silakan berikan komentar di kolom yang tersedia.

🙂

Author: Manshur Zikri

Penulis

4 thoughts on “Patung Obama di Taman Menteng: Banggakah kita? Atau turunkan (dan hancurkan saja) saja?”

  1. gak penting banget. kenapa harus obama? siapa dia bagi negeri kita? dia cuma punya bapak tiri di indonesia, bukan siapa2 indonesia. masih banyak yang lebih pantas daripada obama, yaitu pahlawan indonesia sendiri.

    Like

  2. TURUNIN AJA DEH. Malu. Sok-sok ngehargain pahlawan orang lain, pahlawan sendiri aja gak dihargain!
    Emang orang2 amrik ada bikin patung Bung Karno? Enggak kan? Obama cuma numpang lahir aja kok repot.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s